Cara Mengindeks Website
Apa tujuan terbesar situs kamu? Setiap kali kamu membuat situs baru, blog, atau sekadar menulis postingan baru, maka kamu pasti ingin didatangi banyak pengunjung. Dan di dunia Internet yang sangat luas ini, dengan dominasi Google, hal itu hanya dapat dilakukan melalui Google Search atau mesin pencari. Dan secara teknis, kamu harus menunggu Googlebots melakukannya, merayapi, membaca, dan memfilter konten situs web, lalu menambahkannya ke daftar Google Indeks atau pengindeksan website kamu.
Pertanyaannya adalah bagaimana mengindeks apa yang kamu buat dengan cara tercepat Google? Atau singkatnya, bagaimana Google dengan cepat mengetahui apa yang baru saja kamu tulis dan mendorongnya dalam hasil pencarian lebih cepat daripada situs web lain? Pada artikel di bawah ini, mari kita pelajari tentang dasar-dasar proses dalam pengindeksan website kamu, bagaimana konten situs web di-crawl!.
Apa Itu Googlebot, Crawl, dan Indeks
Setiap orang memahami sebuah ide, dengan cara yang berbeda, tetapi sebelum kita mulai, mari pelajari istilah-istilah yang telah celotehanta sebutkan diatas.
- Googlebot: adalah sebuah perangkat lunak pencarian Google yang diluncurkan untuk mengumpulkan informasi tentang berupa teks, data situs web, dan kemudian menambahkan item yang dapat diindeks oleh Google Penelusuran.
- Craw adalah proses pengumpulan, mendapatkan data dari tempat-tempat Googlebot merayapi, mulai dari artikel lama, artikel baru, informasi terbaru, memperbarui dan melaporkan kembali ke Google. Googlebot menemukan informasi untuk dirayapi melalui URL, jalur situs web, artikel.
- Indeks adalah proses pemrosesan data, informasi yang dikumpulkan oleh Googlebot dari tindakan craw mereka. Setiap teks tertentu, artikel diolah akan ditambahkan ke Index yang bisa dicari oleh Google, tentunya konten tersebut harus sesuai dengan standar kualitas Google. Apa artinya? Artinya, Google akan membandingkan konten artikel itu dengan standar Google dan memutuskan apakah akan merayapi konten itu atau tidak? Bagaimana proses ini dilakukan? Sedangkan Index, Googlebot akan memproses kata-kata yang ada di halaman tersebut, dan mencari kata-kata tersebut (di sini ada kata kuncinya), informasi lain seperti tag judul, tag ALT juga akan dianalisis dan disusun. Index.
Jadi, bagaimana tepatnya Googlebot dapat menemukan konten baru di artikel, halaman, atau situs baru? Ini akan membandingkan data dengan craw situs web sebelumnya, dan menetapkan ke data peta situs yang disediakan oleh webmaster. Informasi yang lebih spesifik dapat kamu temukan di artikel lainnya.
Jadi, secara kasar kita dapat memahami bahwa konten-konten baru di situs web dicari dan ditemukan melalui peta situs dan tautan. Pada langkah selanjutnya, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat Googlebot mengetahui peta situs dan tautan baru ini dengan cepat.
Bagaimana Cara Membuat Website dikenal Google Lebih Cepat?
Berikut beberapa opsi yang bagus menurut versi celotehanta.
- Buat peta situs: ini adalah dokumen XML di server, pada dasarnya ini akan berisi semua halaman-halaman di situs web. Melalui sitemap, Search Engine akan mendapatkan notifikasi setiap ada halaman baru, frekuensi pengecekan setiap kali ada perubahan pada halaman tersebut. Misalnya, jika kamu ingin Mesin Telusur kembali dan memeriksa penghormatan situs web kamu setiap hari, jika situs web dibuat dengan WordPress, kamu dapat berkonsultasi dan menggunakan alat Plugin Google XML Sitemaps atau Generator Peta Situs XML.
- Kirimkan peta situs ke Google Webmaster Tools: ini adalah tempat pertama di mana kamu memunculkan data peta situs dari situs web baru kamu, yaitu Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools ini akan dibuat dan disiapkan menggunakan akun Google kamu. Proses pengiriman situs web baru ke Google Webmaster Tools melalui menu Optimasi> Peta Situs, kamu menyalin dan menempel tautan peta situs situs web di sini untuk memberi tahu Google bahwa laman kamu sudah siap. Alat lain yang dapat dilihat dan digunakan adalah Webmaster Bing.
- Pasang Google Analytics: Alat ini banyak membantu kamu melacak detail situs web.
- Mengirimkan URL situs web ke Mesin Pencari: Ada beberapa tips yang sebaiknya tidak kamu lakukan karena selain itu masih banyak cara lain untuk Mesin Telusur merayapi konten situs web. Namun sebenarnya tidak, pekerjaan ini tidak memakan banyak waktu, bahkan sangat menguntungkan. Login ke Google Webmaster Tools dan submit link, URL website kamu masuk ke form melalui menu Submit URL, menu submit yang sama di Bing.
- Perbarui Profil Sosial situs web kamu: seperti yang disebutkan di atas, craw mengetahui situs web kamu melalui tautan - Tautan. Dan membuat profil sosial juga merupakan solusi yang tidak buruk untuk mempercepat proses perayapan ini. Jika kamu meletakkan tautan ini dalam mode nofollow, mereka masih memberi tahu Mesin Pencari bahwa ada sinyal, sinyal dari jejaring sosial dan perlu diikuti. Dengan Pinterest, lampirkan gambar dari situs web ke saluran YouTube, lalu buat video untuk memandu, perkenalkan ke situs web kamu, disertai dengan tautan pengantar dalam deskripsi - Deskripsi video.
- Berbagi tautan situs web secara luas: memberi lebih banyak, dan kamu akan mendapatkan lebih banyak sebagai imbalan. Seperti menerapkan model AIDA dari Pemasaran ke SEO juga.
- Gunakan Bookmark: lihat dan gunakan beberapa situs seperti Delicious atau StumpleUpon .
- Buat konten yang bagus dan berkualitas: selalu menjadi kriteria teratas. Batasi salin dan tempel, berinvestasilah dalam kekuatan otak dan terapkan standar SEO untuk artikel yang kamu kerjakan.
Selain itu, ada beberapa opsi yang dapat kamu coba:
- Siapkan RSS dengan FeedBurner : ini adalah alat manajemen RSS utama Google, yang perlu kamu lakukan hanyalah masuk dengan akun Google kamu, kirimkan umpan situs web kamu dengan Feedburner dengan menyalin URL situs web, blog, Umpan RSS di Burn di amankan.
- Kirim ke Direktori Blog: TopRank memiliki sejumlah besar daftar situs web yang dapat kamu gunakan sepenuhnya untuk mengirimkan umpan RSS dan blog di sana. Di sebelahnya ada Technorati atau Alltop.
Kesimpulan
Setelah situs web atau blog kamu diindeks dengan benar, kamu akan melihat lalu lintas mulai mengalir ke situs web melalui statistik Google Analytics. Yang harus kamu lakukan adalah terus membuat atau memperbarui-memperbarui konten postingan lama, mempelajari, menganalisis kata kunci, menerapkan model jejaring sosial dan video YouTube secara luas. Google Plus atau Google+.