Gunakan Meta Deskripsi Untuk Mendapatkan Organik Traffic

Bagaimana Cara Menulis Meta Deskripsi Standar Seo?

meta-deskripsi

Meta deskripsi situs akan memberi Google dan mesin pencari lainnya ringkasan konten halaman atau artikel. Meta deskriptif bisa menjadi satu atau tiga kalimat sederhana. Google dapat menggunakan konten dalam deskripsi sebagai kutipan untuk halaman, dan menampilkannya di hasil penelusuran jika cocok dengan kata kunci pengguna penelusuran.

Oleh karena itu, meta deskripsi pernah menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat situs di hasil penelusuran Google. Karena Google saat ini memperbarui algoritma asli dan tidak menggunakan tag yang dijelaskan dalam algoritma peringkat asli. Karena itu, banyak orang SEO secara bertahap lupa cara membuat tag deskriptif dan tidak lagi memperhatikan optimasi kartu. Ini adalah kesalahan yang mempengaruhi peringkat pencarian tidak sedikit. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang mengapa tag meta masih memainkan peran penting dan cara menulis tag meta standar seo dengan banar.

meta-deskripsi

Seberapa Pentingnya Meta Deskripsi? 

Tidak ada dampak langsung, tetapi memiliki efek tidak langsung pada situs web.
Meskipun Google secara terbuka belum menggunakan tag deskriptif dalam peringkat, dan secara otomatis mengutip konten di halaman sebagai tag deskriptif yang cocok dengan kueri pengguna, menulis meta deskripsi akan membantu meningkatkan tingkat klik-melalui (CTR) ke situs web, membantu situs web mendapatkan sejumlah besar kunjungan dan tingkat CTR.

Alasannya?

Kita semua memahami bahwa ketika pengguna mencari sesuatu, mereka dipaksa untuk membaca informasi hasil pencarian sebelum mengklik jalur hasil ini. Judul dan deskripsi adalah informasi yang dibaca pengguna terlebih dahulu sebelum mengakses situs web. Sementara itu, tag judul terlalu pendek dan sulit untuk sepenuhnya menyampaikan pesan promosi lengkap tentang konten di halaman. Pada titik ini, tag deskripsi akan ikut bermain.

Menjaga Meta Deskripsi Tidak Diduplikasi

Meskipun telah mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan tag yang dijelaskan dalam peringkat, Google juga merekomendasikan agar administrator situs web menyimpan tag deskriptif dari duplikasi. Matt Cutts (mantan pemimpin tim Google Webspam) menjelaskan hal tersebut pada sebuah kanal YouTube.

Kedua faktor ini memiliki efek yang sangat positif pada peringkat.
Dengan demikian, meskipun tidak menggunakan tag yang dijelaskan dalam peringkat, tag deskriptif masih memainkan peran penting untuk mesin pencari ini.

Kriteria Pengoptimalan Peringkat

Pastikan bahwa kata kunci paling penting di halaman muncul dalam meta deskriptif. Seringkali mesin pencari akan menyoroti kata kunci yang bertepatan dengan kueri pencarian pengguna di tag deskripsi kalian. Catatan, cobalah untuk menyisipkan kata kunci dengan cara yang paling alami.

Catatan Yang Jelas dan Mudah Dibaca

Ini penting untuk tag deskriptif. Sama sekali tidak disarankan bahwa kalian menjejalkan terlalu banyak kata kunci ke dalam tag deskripsi dan itu tidak akan membantu kalian mendapatkan klik lagi dari pembaca. Pengguna pencarian semakin cerdas, dan mereka pasti akan mengambil tindakan pencegahan terhadap situs yang menunjukkan spam.

Perlakukan Meta Deskripsi Sebagai Iklan Singkat Untuk Situs Web Anda

meta-deskripsi

Selain memasukkan kata kunci utama, kalian juga perlu menulis tag deskripsi menarik yang menyerupai iklan singkat untuk konten di halaman. Oleh karena itu, tag deskriptif tidak boleh terlalu mengada dan harus cocok dengan konten di situs kalian.

Panjang Meta Deskripsi

Deskripsi meta hanya boleh antara 135-160 karakter (meskipun Google baru-baru ini bereksperimen dengan menampilkan tag deskripsi yang lebih panjang). Jika Anda menulis lebih lama, Google akan memangkas tag deskripsi kalian dan menggantinya dengan tiga titik.

Tidak Ada Duplikasi

Seperti disebutkan di atas, Google telah menyarankan semua SEOers untuk tidak menduplikasi tag dan deskripsi judul. Kalian bahkan mungkin tidak perlu menulisnya, tetapi sama sekali tidak disarankan untuk menulis secara duplikat.

Pertimbangkan Untuk Menggunakan Paragraf

Dengan menggunakan data terstruktur, kalian dapat membuat deskripsi Anda lebih kaya, menarik lebih dari rasio mouse-ke-halaman. Misalnya, tambahkan bintang peringkat, tambahkan suara pelanggan, informasi produk, acara, dll.

Presentasi Halaman Yang Akurat

Pastikan deskripsi meta menjelaskan dengan tepat apa yang akan dilihat pengunjung saat mereka mengklik.

Mendapatkan klik ekstra dengan salah menggambarkan apa yang ada di halaman tidak akan bernilai apa pun. Kalian berisiko kehilangan kepercayaan pengunjung dan meningkatkan tingkat pantulan. Jadi pastikan situs kalian dapat mengirimkan apa pun yang diberikan dalam deskripsi meta.

Gunakan CTA Berorientasi Aksi

Calls to Action (CTA) umumnya bekerja paling baik ketika mereka mendorong orang untuk melakukan sesuatu yang positif. Gunakan beberapa karakter dalam deskripsi meta kalian untuk mendesak orang untuk mengklik frasa tindakan seperti "pelajari cara melakukannya," "baca selengkapnya," atau "jelajahi."

Gunakan Markup Skema sebagaimana mestinya

Salah satu perubahan terbesar pada halaman hasil mesin pencari sejak Google mulai mengetik adalah munculnya cuplikan. Meskipun mereka tidak terlihat untuk setiap pencarian, untuk beberapa jenis pencarian kalian sekarang akan melihat informasi tambahan yang termasuk dalam daftar hasil mesin pencari, seperti harga untuk produk atau kalori untuk resep.

Berkenalan dengan berbagai jenis cuplikan kaya dan biasakan yang mencakup Schema Markup (bahasa yang digunakan untuk menandai data terstruktur) di situs web mana pun di mana informasi tambahan relevan dan berharga bagi mesin pencari.

Proofreading

Kalian mungkin telah membaca ulang semua situs web dan konten kalian sebelum muncul di google, tetapi pastikanlah melakukan hal yang sama untuk deskripsi meta kalian. Jika kalian telah menulis puluhan atau ratusan deskripsi meta, kalian dapat dengan mudah melupakan langkah sederhana ini. Semoga bermanfaat, ya.!