34 Istilah Dalam Seo Terlengkap Sepanjang Masa

Apa Saja Istilah Dalam Seo Yang Harus Diketahui?

Keyword: istilah dalam seo

34 Istilah Dalam Seo Terlengkap Sepanjang Masa


Terminologi SEO adalah kata atau frasa yang digunakan untuk mendeskripsikan elemen, tindakan, algoritma yang berkaitan dengan bidang SEO situs web. Ada banyak istilah SEO yang berbeda, tetapi dalam artikel ini akan menjelaskan kepada kita istilah SEO yang paling dasar dan umum dalam SEO. Sebagai berikut:

1. SEO

Singkatan dari Search Engine Optimization adalah pekerjaan mengoptimalkan mesin pencari untuk membantu situs web mencapai peringkat tinggi ketika pengguna mencari kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang mereka lakukan.

2. RKT

Ini adalah rasio jumlah orang yang mengklik situs web dengan jumlah tayangan situs web. Contoh: Ada 100 orang mencari dan melihat website kalian di google, tapi hanya 10 orang yang mengklik untuk melihat website ==> CTR = 10%. Untuk mencapai RKPT yang tinggi, judul + deskripsi situs harus menarik.

3. CRO

Adalah pengoptimalan Tingkat Konversi - Untuk mengoptimalkan tingkat konversi, mengubah pelanggan yang mengunjungi situs web menjadi prospek (mampu membuat keputusan pembelian).

Misalnya: 100 pelanggan mengunjungi situs web tetapi hanya 5 pelanggan yang membuat keputusan pembelian (pesan, angkat telepon untuk membeli), rasio konversinya adalah 5%.

(*) Catatan: Tingkat konversi bergantung pada sejumlah faktor seperti:

- Profesionalisme situs web.

- Harga produk atau layanan di situs web Anda dibandingkan dengan pesaing.

Nama merek perusahaan.

- Profesionalisme dalam konsultasi, layanan pelanggan.

4. PR (Peringkat Halaman)

Indeks yang mengevaluasi reputasi situs web yang diberikan oleh Google menempati urutan dalam dimensi 0-10. Semakin tinggi indeks PR, semakin tinggi pula reputasi situs tersebut. Peringkat Google PR untuk webiste tergantung pada kuantitas + kualitas tautan balik yang mengarah kembali ke situs web.

5. Indeks

Proses bot Google mengambil data situs web dan menyimpannya di memori Google (pengindeksan). Hanya ketika situs web diindeks akan muncul ketika pengguna mencari.

6. Robots.txt

Ini adalah file navigasi yang memungkinkan mesin pencari mengindeks konten apa di dalam situs web. Dengan asumsi ada artikel di situs web yang tidak ingin kalian munculkan di google, kalian dapat menggunakan file Robots.txt untuk mencegah bot google mengindeks artikel kalian.

7. DA, PA

Singkatan dari Domain Authority and Page Authority adalah indeks yang mengevaluasi otoritas situs web yang diberikan oleh Seomoz (mirip dengan PR Google, tetapi sekarang 2 indikator ini lebih populer).

Peringkat DA dan PA dari 0 - 100. Semakin tinggi DA, PA, semakin tinggi reputasi situs web. Indeks DA mengevaluasi reputasi keseluruhan dari seluruh halaman (1 nama domain), PA mengevaluasi tingkat otoritas setiap artikel, kategori dalam situs web. Kalian dapat menginstal addon Mozbar untuk melihat PA dan DA untuk situs web.

8. Backlink

Tautan dari 1 situs web lain yang mengarah ke situs web kalian. Google menganggap backlink sebagai faktor terpenting kedua setelah konten untuk mengevaluasi dan memberi peringkat untuk situs web.

9. Backlink Internal dan Backlink Eksternal

Backlink Internal adalah tautan antar halaman dalam lingkup halaman web.
Backlink Eksternal adalah tautan di situs web kalian yang mengarah ke situs web lain di Internet.

10. Anchor Teks

Anchor Text adalah kata atau frase (biasanya kata kunci) yang digunakan untuk menghubungkan link navigasi ke pengguna dan mesin pencari.

11. SEO Onpage

Elemen seo diimplementasikan di dalam situs web untuk membantu situs web menjadi ramah mesin pencari.

12. SEO Offpage

Karena faktor tentang Seo dilakukan di luar ruang lingkup website (pada dasarnya proses membangun backlink yang mengarah ke website).

13. Tag ALT

Tag deskripsi gambar, yang membantu mesin pencari memahami tentang konten gambar.

14. Deskripsi Meta

Tag mendeskripsikan konten halaman web.

15. Judul

Tag judul situs web.

16. Sitemap

Sitemap situs web, membantu pengguna dan mesin pencari untuk memahami struktur situs web. Sitemap memiliki 2 jenis peta situs untuk pengguna (sitemap.html) dan peta situs untuk dibaca dan dipahami oleh mesin telusur (sitemap.xml ).

17. Snippet

Informasi tambahan yang ditampilkan di sebelah hasil pencarian (ditampilkan dalam bentuk asterisk, jumlah review, gambar penulis) untuk membantu lebih menonjol daripada hasil pencarian, sehingga meningkatkan tingkat CTR.

18. Domain Age

Umur nama domain (dihitung sejak domain didaftarkan). Layaknya seorang karyawan yang bekerja lama di perusahaan, semakin tinggi usia situs web nama domain, semakin tinggi kredibilitasnya.

19. Judul

Tag judul (H1-H6) digunakan untuk menekankan bagian penting dari konten situs web ke mesin pencari.

20. Kata Kunci Domain

Berisi Kata Kunci - Salah satu faktor peringkat Google untuk sebuah situs web.

21. RSS

Mengizinkan situs web, atau mengizinkan pengguna untuk mengambil berita secara otomatis dari situs web.

22. Algoritma

Pada dasarnya, algoritme adalah sekumpulan aturan khusus yang ditentukan untuk menyelesaikan masalah secara otomatis. Mesin pencari menggunakan algoritma untuk menemukan halaman web dan memeringkatnya dengan cara yang paling relevan bagi pencari.

Algoritma Google mencakup lebih dari 200 tanda atau aturan yang diperhitungkan saat menentukan nasib sebuah situs web dalam hasil pencarian (seperti judul SEO, backlink situs web, dll).

23. Bounce Rate

Atau Rasio pentalan adalah tingkat pengunjung ke situs web kalian dan memilih untuk keluar setelah melihat hanya satu halaman. Bounce Rate yang tinggi akan berdampak negatif pada SEO.

24. Bot

Bot atau robot adalah semua jenis aplikasi terprogram yang mampu menjalankan tugas otomatis. Bot mesin pencari (juga dikenal sebagai crawler, seperti Googlebot) bertugas memindai web dan situs web di halaman Google. Sejak saat itu, database atau indeks besar dibuat dari semua halaman web yang dirayapi.

25. Konten

Dalam SEO, konten mengacu pada segala jenis informasi bermakna yang ditampilkan di situs web kalian. Ini bisa berupa salinan, gambar, video, infografis, dll. Konten berkualitas tinggi adalah salah satu faktor utama yang akan berdampak positif pada peringkat kalian. Untuk mengevaluasi kualitas, mesin pencari melihat kriteria tertentu.

Untuk mendapat peringkat yang baik, konten kalian harus:

Informatif dan bermanfaat bagi pembaca
Unik (berarti tidak menyalin teks dari situs web lain)
Baru (berarti baru atau diperbarui secara berkala)

26. Konten Duplikat

Konten identik muncul di banyak tempat di web, menyebabkan mesin telusur hanya menampilkan satu link dengan konten ini. Meskipun masih berdebat, beberapa pakar SEO cenderung percaya bahwa mesin telusur dapat menghukum situs kalian karena konten duplikat, jadi sangat penting bahwa semua konten itu unik, relevan, dan berkualitas.

27. Fetch As Google

Sebuah fitur di Google Search Console tempat Anda dapat menyimulasikan apa yang sebenarnya "dilihat" atau di-crawl Googlebot di halaman. Sangat mudah untuk menemukan kesalahan yang dapat memengaruhi SEO situs web.

28. Featured Snippet (kutipan menonjol)

29. Google Analytics

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan kalian melacak semua jenis informasi di situs web kalian, seperti lalu lintas yang kalian dapatkan, sumbernya, perilaku pengunjung, bounce rate, Rasio), dll.

Alat ini juga memungkinkan kalian untuk membandingkan data masa lalu dengan saat ini, sehingga kalian dapat mengukur pertumbuhan, kekuatan, dan kelemahan situs kalian.

30. Google Search Console

Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk pemilik situs web. Verifikasi situs web dengan GSC dianggap pekerjaan terbaik untuk SEO.

Saat mengklaim kepemilikan, kakian akan memiliki akses ke berbagai alat yang membantu mengoptimalkan situs web kalian (pengumpulan laporan, kemampuan untuk mengirimkan peta situs, dll.). Google Search Console juga akan memberi kalian informasi berharga, seperti tayangan pada hasil pencarian, klik, dan posisi halaman untuk kata kunci tertentu.

31. Panduan Webmaster Google

Dalam dunia SEO, Pedoman Webmaster Google diibaratkan sebagai kitab suci. Panduan Webmaster Google adalah dokumen pendukung di mana semua praktik terbaik, serta kontraindikasi, saat mengoptimalkan situs web, diuraikan. Mengikuti petunjuk ini akan membantu Google dalam hal menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs kalian.

32. SEO Gambar

Ini mengacu pada pengoptimalan apa pun yang terkait dengan gambar, foto, atau jenis grafik lainnya pada halaman. Bagaimana masalah ini bisa diperbaiki? Isi teks Alt, tambahkan elemen teks lain di sekitar gambar, seperti teks dan jangan lupa untuk memastikan gambar dioptimalkan untuk memuat cepat di situs web kalian, atau gunakan saja Wix Pro Gallery .

33. Keyword Density

Persentase dihitung dengan mengambil jumlah kata kunci yang muncul di halaman web dibagi dengan jumlah kata di halaman. Terlepas dari popularitasnya, konsep ini bukanlah ukuran yang akurat dari kualitas atau keunikan suatu konten. Artinya, untuk kata kunci juga, kalian harus menargetkan kualitas daripada kuantitas.

34. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah frase (atau kata kunci) dengan kombinasi 4 kata atau lebih, digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan cara yang lebih akurat. Kata kunci ekor panjang kurang kompetitif dan membantu menargetkan pemirsa yang lebih pasti, yang dapat membantu meningkatkan konversi kalian.

Nah, itulah beberapa istilah dalam seo yang dapat celotehanta.blogspot.com berikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlangganan artikel kami untuk mengetahui trik dan tips lainnya.